KARAKTERISTIK CAMPURAN BATUBARA DAN VARIASI ARANG SERBUK GERGAJI DENGAN PENAMBAHAN ARANG TEMPURUNG KELAPA DALAM PEMBUATAN BRIKET

  • Siti Hosniah Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Saibun Sitorus Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Alimuddin - Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari sifat-sifat briket dari campuran antara batubara dengan arang kayu Ulin, Bangkirai dan tempurung kelapa, yaitu dalam rangka mencari sumber energi alternatif. Pembuatan briket melalui tahapan pengarangan, penghalusan arang, pengayakan 60 mesh, pencampuran dengan perekat, pencetakan, pengeringan dengan oven (60°C, ±24 jam) dan pengujian. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu variasi komposisi campuran antara batubara dengan arang kayu Ulin, kayu Bangkirai dan tempurung kelapa sebanyak 21 perlakuan.

Hasil penelitian menunjukkan, briket dengan komposisi batubara sebanyak 25% dan arang tempurung kelapa sebanyak 75%, serta komposisi batubara sebanyak 25% dengan campuran arang tempurung kelapa, kayu Ulin, dan kayu Bangkirai sebanyak 75% memiliki kualitas yang sesuai dengan kualitas briket standar nasional Indonesia (SNI). Briket dengan komposisi batubara sebanyak 25% dan arang tempurung kelapa sebanyak 75% memiliki kualitas sebagai berikut: nilai kalor 6605 kal/g, nilai kadar karbon terikat 78,26%, nilai zat mudah menguap 19,35%, kadar abu 2,40%, nilai keteguhan tekan 28,55 kg/cm2, kerapatan 0,73 gr/cm3, dan kadar air 8,74%. Sedangkan briket dengan komposisi batubara sebanyak 25% dan campuran arang tempurung kelapa, kayu Ulin, kayu Bangkirai sebanyak 75% memiliki kualitas sebagai berikut: nilai kalor 6396 kal/g, nilai kadar karbon terikat 77,47%, nilai zat mudah menguap 19,66%, kadar abu 2,87%, nilai keteguhan tekan 26,41 kg/cm2, kerapatan 0,70 gr/cm3, dan kadar air 7,87%.

 

Kata Kunci : briket, batubara, kayu Ulin, kayu Bangkirai, tempurung kelapa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ghandhi, B. A. 2010. Pengaruh Variasi Jumlah Campuran Perekat Terhadap Karakteristik Briket Arang Tongkol Jagung. Profesional Vol. 8 (1). Semarang.

Hendra D. dan Pari G. 2000. Penyempurnaan Teknologi Pengolahan Arang. Laporan Hasil Penelitian Pusat Penelitian Hasil Hutan. Badan Peneliti dan Pengembangan Kehutanan. Bogor.

Sudrajat, R. 1982. Pengaruh Bahan Baku, Jenis Perekat, dan Tekanan Kempa Terhadap Kualitas Briket Arang. Laporan No. 165. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan. Bogor.

Triono, A. 2006. Karakteristik Briket Arang Dari Campuran Serbuk Gergajian Kayu Afrika (Maesopsis eminii Engl) dan Sengon (Paraserianthes falcataria L. Nielsen) dengan Penambahan Tempurung Kelapa (Cocosnucifera L). Skripsi Strata-1 Institut Pertanian Bogor. Bogor
Published
2016-03-25
How to Cite
HOSNIAH, Siti; SITORUS, Saibun; -, Alimuddin. KARAKTERISTIK CAMPURAN BATUBARA DAN VARIASI ARANG SERBUK GERGAJI DENGAN PENAMBAHAN ARANG TEMPURUNG KELAPA DALAM PEMBUATAN BRIKET. JURNAL ATOMIK, [S.l.], v. 1, n. 1, mar. 2016. ISSN 2549-0052. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/JA/article/view/185>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Artikel