VALIDASI METODE RAPID TEST DALAM PENENTUAN TOTAL MOISTURE, ASH CONTENT, CALORIFIC VALUE (AR) PADA BATUBARA TERHADAP STANDAR ISO UKURAN 3 MM PT. KALTIM PRIMA COAL

  • Ermalia Lintang Sari
  • Aman Sentosa Panggabean
  • Noor Hindryawati

Abstract

Penelitian validasi metode rapid test dalam penentuan total moisture, ash content, calorific value (as received) pada batubara terhadap standar ISO (International Organization for Standardizations) dengan ukuran 3 mm (studi kasus di PT. Kaltim Prima Coal) telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pada total moisture, ash content, calorific value jika dilakukan dalam basis (ar) dan mengetahui hasil jika batubara yang digunakan dalam operasional berukuran 3 mm. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan batubara ukuran 3 mm diperoleh hasil pada total moisture dan ash content untuk batubara ini tidak terdapat perbedaan dan dapat digunakan dalam operasional laboratorium, sedangkan pada calorific value terdapat perbedaan pada batubara ini. Dalam penentuan ini harus tetap memperhatikan range varian dari nilai reproducibility pada setiap parameter batubara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Nukman dan Poertadji. S. 2006. Pengurangan kadar abu pada batubara sub bituminous dengan metode aglomerasi air-minyak sawit.
Universitas Indonesia. Jakarta.
[2] Hadi. T, Virgo dan dkk. 2010. Pengukuran Kecepatan dan Amplitudo Gelombang Ultrasonik untuk Klasifikasi Kualitas Batubara. Jurnal Penelitian Sains. Volume 13 Nomer 1(B)13101.
[3] Anriani, T, M dan Harminuke E. H. 2013. Analisis perbandingan Kualitas Batubara TE- 67di Front Penambangan dan Stockpile di
Tambang Air Laya PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. Tanjung Enim Sumatera Selatan. Palembang: Universitas Sriwijaya.
[4] ISO International. (1981). ISO 589 International Standar Hard Coal Determination Of Total Moisture. In ISO.
[5] ISO International. (1997). ISO 1171 International Standar Solid Mineral Fuels Determination Of Determination Of To Ash Content. In ISO
[6] ISO International. (1928). ISO 1928 International Standar Solid Mineral Fuels Determination Of Gross Calorific Value by The Bomb Calorimetric Method and Calculation Of net Calorific Value. In ISO.
[7] ISO International. 2001. ISO 13909-8 Hard Coal and Coke –Mechanikal Sampling Part 8 Methods of Testing for Bias. In ISO.
Published
2016-09-29
How to Cite
SARI, Ermalia Lintang; PANGGABEAN, Aman Sentosa; HINDRYAWATI, Noor. VALIDASI METODE RAPID TEST DALAM PENENTUAN TOTAL MOISTURE, ASH CONTENT, CALORIFIC VALUE (AR) PADA BATUBARA TERHADAP STANDAR ISO UKURAN 3 MM PT. KALTIM PRIMA COAL. JURNAL ATOMIK, [S.l.], v. 1, n. 2, sep. 2016. ISSN 2549-0052. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/JA/article/view/212>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Artikel

Keywords

Validasi Metode, Batubara, Total moisture, Ash Content, Calorific Value.