PENGEMBANGAN MODUL MAKROMOLEKUL BERBASIS PROYEK DENGAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan modul makromolekul berbasis proyek dengan pendekatan SETS dan mengetahui kelayakan modul makromolekul berbasis proyek dengan Pendekatan SETS. Modul ini menerapkan kurikulum 2013 revisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) yang merujuk pada pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu analisis kebutuhan, perancangan dan pengembangan. Analisis kebutuhan dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara langsung dengan guru kimia di sekolah. Modul dirancang sesuai dengan silabus dan kurikulum yang diterapkan sekolah. Modul yang dikembangkan selanjutnya divalidasi oleh validator ahli dengan menggunakan angket sebagai instrumen untuk menentukan kelayakan modul. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul markromolekul berbasis proyek dengan pendekatan SETS memperoleh rata-rata sebesar 4.37 berada dalam kategori sangat layak atau sangat valid, sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar perserta didik.
Kata kunci: Modul Makromolekul, Proyek, Pendekatan SETS, R&D