PENGARUH ION LOGAM TERHADAP AKTIVITAS EKSTRAK KASAR LIPASE DARI KECAMBAH BIJI CEMPEDAK (Artocarpus integer (Thunb.) Merr.)

  • Delina Khairunnisa
  • Winni Astuti
  • Rudi Kartika

Abstract

Kecambah biji tanaman Cempedak (Artocarpus integer (Thunb.) Merr.) memiliki aktivitas lipase yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan nilai ekonomis tanaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi lipase dari kecambah biji cempedak dan mengetahui pengaruh ion logam terhadap aktivitas ekstrak kasar lipase. Penentuan pengaruh ion logam terhadap aktivitas lipase dilakukan dengan variasi jenis ion logam, yaitu Na+, K+, Ba2+, Mg2+ dan Fe3+dengan konsentrasi 0,1 M dan diinkubasi selama 120 menit. Aktivitas enzim lipase ditentukan terhadap substrat minyak zaitun dengan metode titrimetric pada pH serta suhu optimal. Hasil penelitian menunjukkan jenis ion logam berpengaruh terhadap aktivitas enzim lipase dari ekstrak kasar kecambah biji  cempedak. Pada penambahan ion Fe3+, Na+ dan Ba2+ aktivitas menurun menjadi berturut-turut sebesar 57,98%; 63,03% dan 93,28% sedangkan pada penambahan ion Mg2+ dan K+ aktivitas enzim lipase meningkat menjadi berturut-turut sebesar 131,09% dan 101,68%. 


 


Kata kunci: Kecambah biji cempedak (Artocarpus integer (Thunb.) Merr.), Lipase, Ion logam

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-01
How to Cite
KHAIRUNNISA, Delina; ASTUTI, Winni; KARTIKA, Rudi. PENGARUH ION LOGAM TERHADAP AKTIVITAS EKSTRAK KASAR LIPASE DARI KECAMBAH BIJI CEMPEDAK (Artocarpus integer (Thunb.) Merr.). PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 42-45, oct. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1040>. Date accessed: 29 oct. 2021.