PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS MEDIA KARTU SOAL DAN ULAR TANGGA

  • Ester Hartina Ria Sinaga
  • Manihar Situmorang
  • Marham Sitorus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media kartu soal dan ular tangga pada materi reaksi redoks di kelas X SMA Negeri 14 Medan. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I diberi perlakuan menggunakan media ular tangga dan kelas ekperimen II diberi perlakuan menggunakan media kartu soal. Penelitian ini merupakan penelitian Pretest-postest Control Group Design. Penelitian ini meggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa di uji coba normalitas dan homogenitasnnya, hasil yang didapat kedua sampel berdistribusi normal dan berdistribusi homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t- dua pihak dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikansi 5% (  menunjukkan bahwa   ) maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar menggunakan pembelajaran model  model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)  berbasis kartu soal dan ular tangga pada materi redoks.


 


Kata Kunci: Penuntun praktikum, pengembangan dan sistem koloid .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-01
How to Cite
SINAGA, Ester Hartina Ria; SITUMORANG, Manihar; SITORUS, Marham. PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS MEDIA KARTU SOAL DAN ULAR TANGGA. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 52-57, oct. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1042>. Date accessed: 29 oct. 2021.