PENERAPAN MEDIA KARTU SOAL DAN LEMBAR KERJA SISWA YANG BERBASIS MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA

  • Nurfajriani Nurfajriani
  • Ika Sundari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada  perbedaan yang signifikan  peningkatan  hasil belajar berbasis model pembelajaran Teams Games Tournament. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara random sampling. Dari empat kelas dipilih dua kelas sebagai yaitu X MIPA 1 kelas Eksperimen I dan X MIPA 2 kelas Ekperiment II. Instrumen yang digunakan merupakan instrument tes sebanyak 20 soal dengan reliabitas 0,798.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dua pihak untuk menentukan perbedaan aktivitas dengan menerapkan media yang berbeda di dua kelas yang berbeda. Berdasarkan uji statistik parametric ,uji hipotesis peningkatan hasil belajar mengunakan uji t dua pihak (dua pihak) dengan taraf signifikasi 0.05, diperoleh data thitung > ttebel yakni 2.61 > 2.002 , berarti H0 ditolak Ha diterima. Hasil dari uji parametric bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media kartu soal lebih baik dari pada model pembelajaran Teams Games Tournament menggunakan media lembar kerja siswa dengan persentase sebesar 0.086%.


 


Kata kuci : Kartu Soal, Teams Games Tournament, Lembar Kerja Siswa. Peningkatan Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-03
How to Cite
NURFAJRIANI, Nurfajriani; SUNDARI, Ika. PENERAPAN MEDIA KARTU SOAL DAN LEMBAR KERJA SISWA YANG BERBASIS MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 132-136, oct. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1056>. Date accessed: 29 oct. 2021.