PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MINYAK BUMI

  • Siti Khodijah Dalimunthe
  • Destria Roza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis iSpring Presenter yang layak digunakan pada materi minyak bumi. Dan kedua adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan iSpring Presenter lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring Presenter atau hanya memakai media powerpoint biasa saja. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dari enam kelas diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan meggunakan media iSpring Presenter dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan media powerpoint biasa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t satu pihak, yaitu menggunakan uji pihak kanan pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran iSpring Presenter yang dikembangkan memperoleh kelayakan materi dan media dengan hasil beturut sebesar 89% dan 85,6% dengan kategori sangat layak untuk digunakan. Kemudian hasil belajar siswa diperoleh data harga thitung > ttabel (3,90 > 1,670), dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis iSpring presenter lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran powerpoint biasa. 


 


Kata kunci : Kelayakan Media, Hasil Belajar, iSpring Presenter, PowerPoint.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-03
How to Cite
DALIMUNTHE, Siti Khodijah; ROZA, Destria. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ISPRING PRESENTER UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MINYAK BUMI. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 159-165, oct. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1061>. Date accessed: 29 oct. 2021.