PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS KONSTEKTUAL PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA/MA

  • Hiranda Wildayani
  • Asep Wahyu Nugraha
  • Nurfajriani Nurfajriani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesesuaian bahan ajar kimia siswa kelas XI SMA/MA sederajat dan mendapatkan bahan ajar inovatif dan interaktif berbasis konstektual pada materi termokimia untuk siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan bagian dari metode penelitian dan pengembangan (R&D). Bahan ajar yang telah dikembangkan selanjutnya dinilai oleh beberapa validator ahli. Angket dipilih sebagai instrumen untuk menentukan kesesuaian bahan ajar siswa kelas XI SMA/MA dan pengumpulan data hasil validasi yang dilakukan validator. Dari hasil validasi menunjukkan bahwa masih terdapat ketidaksesuaian bahan ajar pada materi termokimia yang digunakan dengan siswa kelas XI SMA/MA dan bahan ajar inovatif dan interaktif berbasis konstektual pada materi termokimia yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid tidak perlu direvisi.
Kata kunci : Bahan Ajar, Inovatif dan Interaktif, Konstektual, Yermokimia, R&D

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-02
How to Cite
WILDAYANI, Hiranda; NUGRAHA, Asep Wahyu; NURFAJRIANI, Nurfajriani. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS KONSTEKTUAL PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA/MA. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 44-49, feb. 2022. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1092>. Date accessed: 08 aug. 2022.