ANALISIS GAYA BELAJAR DAN GAYA BERFIKIR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 ANGGANA PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN (Ksp)

  • Abdul Majid Universitas Mulawarman
  • Farah Erika Universitas Mulawarman
  • Sari Ayu Rowaidah Universitas Mulawarman

Abstract

Penelit ian ini dilatarbelakangi oleh inovasi yang dilakukan oleh guru untuk mencapai hasil belajar maksimum hanya dihubungkan dengan materi yang akan d isampaikan, kurang memperhatikan gaya belajar maupun gaya berfikir siswa padahal dalam setiap mengajar efekt ifitasnya bergantung pada gaya belajar dan gaya berfikir siswa d isamping sifat pribadi dan kesanggupan intelektualnya. Oleh karena itu mengetahui gaya belajar dan gaya berfikir siswa bagi seorang guru khususnya guru kimia, merupakan suatu usaha yang sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan mengajar. Populasi dalam penelit ian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang diamb il dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data pada pen elitian ini melalui angket gaya belajar dan gaya berfikir serta ulangan harian berupa soal essay sebanyak 6 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar do minan siswa adalah gaya belajar auditori dimana persentase gaya belajar auditori sebesar 45%, gaya belajar visual sebesar 24% dan gaya belajar kinestetik sebesar 31%. Gaya berfikir dominan siswa adalah gaya berfikir sekuensial konkrit (SK) dimana persentase gaya berfikir sekuensial konkrit sebesar 52%, gaya berfikir sekuensial abstrak sebesar 3% , gaya berfikir acak abstrak sebesar 35% dan gaya berfikir acak konkrit sebesar 10%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-26
How to Cite
MAJID, Abdul; ERIKA, Farah; ROWAIDAH, Sari Ayu. ANALISIS GAYA BELAJAR DAN GAYA BERFIKIR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 ANGGANA PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASILKALI KELARUTAN (Ksp). PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, [S.l.], apr. 2016. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/138>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
ARTIKEL

Keywords

gaya belajar, gaya berfikir, hasil belajar