ANALISIS RENDEMEN DAN SIFAT FISIKA-KIMIA GELATIN KULIT IKAN TENGGIRI (Acanthocybium solandri) YANG DIPRODUKSI DENGAN METODE ASAM

  • Yuliani - Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman

Abstract

Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi asam klo rida (HCl) dan lama perendaman dalam larutan asam klo rida terhadap rendemen, kadar air, kadar protein, dan kekuatan gel gelatin yang diekstrak dari ku lit ikan tenggiri. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap dua factor, dengan factor pertama adalah konsentrasi HCl masing -masing 4%, 6%, dan 8%, sedangkan factor kedua adalah lama perendaman dalam larutan HCl selama 48 jam, 72 jam, dan 96 jam, masing -masing dengan 3 ulangan. Hasil penelit ian menunjukkan konsentrasi HCl dan lama perendaman dalam larutan HCl berpengaruh terhadap rendemen, kadar air, kadar protein , dan kekuatan gel dari gelatin yang dihasilkan. Hasil terbaik diperoleh dari ko mbinasi perlakuan konsentrasi HCl 4% dan lama perendaman 48 jam, dengan nilai rendemen 5,62%, kadar air 12,35%, kadar protein 80,08%, dan kekuatan gel 29,50 bloom.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-26
How to Cite
-, Yuliani. ANALISIS RENDEMEN DAN SIFAT FISIKA-KIMIA GELATIN KULIT IKAN TENGGIRI (Acanthocybium solandri) YANG DIPRODUKSI DENGAN METODE ASAM. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, [S.l.], apr. 2016. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/144>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
ARTIKEL