PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENGETAHUI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA (STUDI KASUS DI SMP MARDISISWA 1)

  • Ratna Kusumawardani Pend. Kimia FKIP Universitas Mulawarman

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA ) pada dasarnya berkaitan dengan peristiwa alam yang dapat ditemukan dalam keh idupan sehari-hari. Diharapkan dengan belajar IPA dapat membantu mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan. Oleh karena itu agar hasil pembelajaran IPA menjadi lebih bermakna maka perlu dikemas ke dalam suatu pendekatan yang dapat memot ivasi minat berwirausaha
siswa yaitu dengan pendekatan chemoentrepreneurship. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan minat wirausaha siswa SMP dalam pembelajaran IPA Terpadu dengan pendekatan chemoentrepreneurship. Subyek dalam penelit ian ini adalah siswa kelas VIISMP Mard isiswa 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner/angket. Angket diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran IPA Terpadu dengan pendekatan chemoentrepreneurship. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa skor angket kemudian dianalisis berdasarkan indikator minat berwirausaha sebelum maupun setelah pembelajaran. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa minat berwirausaha siswa melalui pembelajaran IPA Terpadu
dengan pendekatan chemoentrepreneurship mengalami peningkatan yang signifikan. Persentase peningkatan masing-masing indikator adalah indikator kemauan keras untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidup 81,28%, indikator keyakinan kuat atas kekuatan sendiri 84,07%, sikap jujur dan tanggung jawab 72,25%, indikator ketahanan fisik dan mental 56,31%, indikator ketekunan dalam bekerja dan berusaha 67,16%, indikator pemikiran yang kreatif dan konstruktif 81,22%, indikator berorientasi ke masa depan 63,27%, indikator berani mengamb il resiko 72,49%. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IPA Terpadu dengan pendekatan CEP mampu meningkatkan minat berwirausaha siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-26
How to Cite
KUSUMAWARDANI, Ratna. PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU DENGAN PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENGETAHUI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA (STUDI KASUS DI SMP MARDISISWA 1). PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, [S.l.], apr. 2016. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/154>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
ARTIKEL

Keywords

Chemoentrepreneurship, minat berwirausaha