PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN JENIS PADAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

  • Akhmad Rifani DLHK Kabupaten Kutai kartanegara
  • Saibun Sitorus Program Studi Kimia FMIPA Universitas Mulawarman
  • Aman Sentosa Panggabean Jurusan Kimia FMIPA Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun jenis padat di Rumah Sakit Umum Daerah Aji Muhammad Parikesit Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara berdasarkan Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 56 tahun 2015 tentang tata cara dan persyaratan teknis pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun dari fasilitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan evaluatif yang pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, angket dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan limbah medis Bahan Berbahaya Dan Beracun jenis padat dari proses pengurangan dan pemilahan limbah B3, penyimpanan limbah B3, pengangkutan limbah B3 dan pengolahan limbah B3 sudah berjalan dengan baik, namun yang belum sepenuhnya terlaksana sesuai ketentuan adalah pengangkutan limbah B3 dari fasilitas pelayanan kesehatan lainnya menuju tempat pengolahan limbah B3 dirumah sakit Aji Muhammad Parikesit.


 


Kata Kunci: Limbah B3, medis, pengelolaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-01
How to Cite
RIFANI, Akhmad; SITORUS, Saibun; PANGGABEAN, Aman Sentosa. PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN JENIS PADAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AJI MUHAMMAD PARIKESIT TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 6-10, dec. 2019. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/851>. Date accessed: 08 apr. 2020.
Section
Artikel