ISOLASI SENYAWA ASAM LEMAK DAN UJI BIOAKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI TUMBUHAN KACANG KAYU (Cajanus cajan (L) Millsp) DARI PULAU POTERAN-MADURA

  • Debora Ariyani Jurusan D3 Teknik Pengolahan Migas, STT Migas Balikpapan
  • Dini Nur Fauzia Jurusan D3 Teknik Pengolahan Migas, STT Migas Cilacap
  • Taslim Ersam Jurusan Kimia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Abstract

Radikal bebas merupakan molekul atau atom yang tidak stabil karena memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Ketika radikal bebas ini mengambil elektron dari sel tubuh manusia, dapat menyebabkan perubahan struktur DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) sehingga timbul sel-sel mutan. Zat yang dapat menunda atau mencegah terjadinya reaksi oksidasi radikal bebas adalah antioksidan. Dalam penelitian ini dilakukan isolasi senyawa asam lemak dari tumbuhan kacang kayu (Cajanus cajan (L) Millsp) yang terdapat di Pulau Poteran-Madura serta menentukan bioaktivitas antioksidannya. Selain itu pada penelitian ini dilakukan uji pendahuluan antioksidan aktivitas, antioksidan dari turunan senyawa terpenoid secara menggunakan DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil). Metode isolasi yang digunakan adalah maserasi dengan pelarut metanol yang kemudian difraksinasi. Ekstrak pekat metanol difraksinasi dengan Kromatografi Cair Vakum (KCV) menggunakan eluen metilen klorida dan etil asetat yang berdasarkan perbedaan kepolarannya. Fraksi yang dihasilkan kemudian dimurnikan dengan rekristalisasi menggunakan pelarut etil asetat dan n-heksana. Senyawa murni yang diperoleh dilakukan uji titik leleh, serta dilakukan uji pendahuluan bioaktivitas antioksidan dengan metode DPPH.


 


Kata Kunci: Cajanus cajan, Antioksidan, DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-01
How to Cite
ARIYANI, Debora; FAUZIA, Dini Nur; ERSAM, Taslim. ISOLASI SENYAWA ASAM LEMAK DAN UJI BIOAKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI TUMBUHAN KACANG KAYU (Cajanus cajan (L) Millsp) DARI PULAU POTERAN-MADURA. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 21-24, dec. 2019. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/854>. Date accessed: 22 feb. 2020.
Section
Artikel