POTENSI KOMBINASI EKSTRAK DAUN STEVIA (Stevia Rebaudiana Bertoni) DAN DAUN YAKON (Smallanthus Sonchifolius (Poepp.) H.Rob.) SEBAGAI INHIBITOR ENZIM α-GLUKOSIDASE

  • Lilik Sulastri

Abstract

Diabetes melitus adalah salah satu penyakit metabolik yang ditandai dengan meningkatnya kadar glukosa dalam darah yang tinggi atau di atas nilai normal.  Salah satu pengobatan yang dapat digunakan pada diabetes melitus adalah dengan menghambat aktivitas enzim α-glukosidase.  Secara empiris tumbuhan obat Indonesia yang telah digunakan untuk menurunkan kadar glukosa darah adalah daun stevia (Stevia rebaudiana Bertoni) dan daun yakon (Smallanthus sonchifolius (Poepp.) H.Rob.). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas penghambatan enzim a-glukosidase ekstrak etanol 96% daun stevia dan daun yakon serta kombinasinya. Daun stevia dan yakon secara terpisah dimaserasi secara bertingkat menggunakan pelarut n-heksana, etil asetat, etanol 96% dan air. Ekstrak yang diperoleh (n-heksan, etilasetat, etanol dan air) diuji aktivitas penghambatan enzim a-glukosidase. Ekstrak terbaik dari kedua tanaman dikombinasikan sampai diperoleh nilai IC50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas penghambatan enzim a-glukosidase terbaik terdapat pada kedua ekstrak etanol 96% yaitu sebesar 69% dan 64,5% dengan IC50 berturut-turut 68,07 ppm dan 18,84 ppm.  Kombinasi ekstrak terbaik diperoleh pada perbandingan ekstrak EtOH 96% stevia dan yakon adalah 1:1 dengan nilai IC50 sebesar 14,48 ppm, dengan akarbose sebagai kontrol (+) sebesar 17,72 ppm. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan yang sinergis antara senyawa kimia yang terkandung dalam stevia dan yakon.


 


Kata kunci:    Diabetes; Enzim a-glukosidase, Stevia rebaudiana Bertoni, Smallanthus sonchifolius   (Poepp.) H.Rob.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-29
How to Cite
SULASTRI, Lilik. POTENSI KOMBINASI EKSTRAK DAUN STEVIA (Stevia Rebaudiana Bertoni) DAN DAUN YAKON (Smallanthus Sonchifolius (Poepp.) H.Rob.) SEBAGAI INHIBITOR ENZIM α-GLUKOSIDASE. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 64-68, jan. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/991>. Date accessed: 06 mar. 2021.