PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MEMOTIVASI SISWA

  • Gusti Rahman
  • Nurfajriani Nurfajriani
  • Iis Siti Jahroh

Abstract

Penggunaan media saat proses pembelajaran berlangsung memiliki dampak begitu besar terhadap keberhasilan proses belajar mengajar. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran kimia adalah multimedia interaktif berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar yang memenuhi nilai KKM yang ditetapkan di sekolah, memotivasi siswa serta melihat hubungan antara motivasi dan hasil belajar dan juga melihat respon siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif berbasis android pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan berupa penelitian Pre-Ekperimental Designs dengan bentuk One-Shot Case Study Design dengan sampel berjumlah 25 orang yang duduk di kelas XI Semester II. Penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar dang angket untuk mengukur motivasi dan respon siswa. Data dianalisis menggunakan uji t one sampel dan uji Pearson Correlation. Kegiatan penelitian ini berhasil mengemukakan bahwa penerapan multimedia interaktif berbasis android pada pembelajaran larutan penyangga diperoleh hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada nilai KKM yang ditetapkan sekolah, dapat memotivasi siswa, dimana motivasi memiliki hubungan yang positif dengan hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan multimedia interaktif berbasis android sangat baik.


 


Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Berbasis Android, Hasil Belajar dan Motivasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-02
How to Cite
RAHMAN, Gusti; NURFAJRIANI, Nurfajriani; JAHROH, Iis Siti. PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MEMOTIVASI SISWA. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 67-72, oct. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1044>. Date accessed: 29 oct. 2021.