ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM PADA PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Lusyana Rahman
  • Ramlan Silaban
  • Nurfajriani Nurfajriani

Abstract

Karena adanya penyebaran Covid-19 terjadi perubahan mendasar dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran kimia. Kegiatan pembelajaran yang mulanya secara konvensional dan praktek di laboratorium beralih ke pembelajaran berbasis online. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaran online yaitu Zoom Cloud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi zoom pada pembelajaran kimia secara daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan kimia dengan domisili wilayah aceh sebanyak 85 orang. Teknik pengumpulan data ialah dengan pengisian angket menggunakan google form. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan aplikasi Zoom pada pembelajaran kimia secara online di masa pandemi Covid-19 cukup efektif dengan persentase 74,66 % aspek kepuasan, 73,17% aspek komuniksi dan 70,66% aspek kepuasan dalam kategori baik. Secara umum efektifitas penggunaan aplikasi zoom pada pembelajaran kimia secara daring di masa pandemi Covid-19 sudah sangat baik, mahasiswa sering menggunakan aplikasi zoom, aplikasi Zoom sangat efektif dalam berkomunikasi dan aplikasi zoom cukup mudah digunakan.


 


Kata kunci: Efektifitas, Pembelajaran Kimia, Aplikasi Zoom, COVID-19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-03
How to Cite
RAHMAN, Lusyana; SILABAN, Ramlan; NURFAJRIANI, Nurfajriani. ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM PADA PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 99-102, oct. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1050>. Date accessed: 29 oct. 2021.