OPTIMASI BIOSINTESIS NANOPARTIKEL PERAK MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN MANGROVE (Rhizophora apiculata Blume) UNTUK MENDETEKSI HISTAMIN DENGAN METODE KOLORIMETRI

  • Moh. Syaiful Arif
  • Silsa Meki Noon

Abstract

Biosintesis nanopartikel perak dilakukan dengan metode kolorimetri dengan ekstrak daun mangrove (Rhizophora apiculata Blume). Ekstrak digunakan untuk meminimalkan penggunaan bahan kimia berbahaya bagi lingkungan, dengan menggunakan ekstrak daun mangrove (Rhizophora apiculata Blume) sebagai reduktor prekursor AgNO3. Pembentukan nanopartikel perak dilakukan dengan menambahkan ekstrak daun ke dalam larutan AgNO3 dan dihomogenkan menggunakan magnetic stirrer. Pembentukan nanopartikel perak dipantau dengan mengamati serapan UV-Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai absorbansi meningkat dengan meningkatnya konsentrasi reaksi AgNO3 1mM, dengan hasil pH 6 dan volume ekstrak daun 6 mL.


 


Kata Kunci: Nanopartikel Perak, Biosintesis, Optimasi, Mangrove, Metode Kolorimetri

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-03
How to Cite
ARIF, Moh. Syaiful; NOON, Silsa Meki. OPTIMASI BIOSINTESIS NANOPARTIKEL PERAK MENGGUNAKAN EKSTRAK DAUN MANGROVE (Rhizophora apiculata Blume) UNTUK MENDETEKSI HISTAMIN DENGAN METODE KOLORIMETRI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, [S.l.], p. 147-153, oct. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1059>. Date accessed: 19 apr. 2024.