ANALISIS NATRIUM BENZOAT PADA KECAP DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN METODE ALKALIMETRI

  • Evana Evana
  • Nada Fitriana Dewi

Abstract

Kecap merupakan salah satu bumbu dapur yang sering ditambahkan kedalam masakan Indonesia. Kecap yang beredar di pasaran biasanya mengandung pengawet untuk mencegah atau menghambat fermentasi, pengasaman, penguraian, dan perusakan lainnya yang disebabkan oleh mikroorganisme, sehingga kecap dapat disimpan dalam waktu yang lama.
Salah satu pengawet kimia yang banyak digunakan dalam makanan adalah natrium benzoat. Penggunaan pengawet kimia ini dalam jumlah yang berlebih dapat mengganggu kesehatan manusia. Oleh karena itu, penentuan kandungan pengawet kimia pada kecap yang beredar di pasaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar pengawet natrium benzoat pada kecap melalui metode alkalimetri. Sampel kecap yang digunakan pada penelitian ini berasal dari lima merk kecap yang beredar di pasar di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan natrium benzoat yang terdapat pada sampel kecap A, B, C, D, dan E secara berturut-turut adalah 196,97; 221,60; 787,95; 1.698,83; dan 1.157,19 mg/kg. Sebanyak 40% sampel kecap menunjukkan kadar natrium benzoat yang melebihi batas maksimum yang telah ditetapkan dalam Peraturan Kepala BPOM RI No.36 tahun 2013 tentang batas maksimum penggunaan bahan tambahan pangan natrium benzoat sebesar 1000 mg/kg.
Kata kunci: alkalimetri, kecap, makanan, natrium benzoat, pengawet

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-02
How to Cite
EVANA, Evana; DEWI, Nada Fitriana. ANALISIS NATRIUM BENZOAT PADA KECAP DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN METODE ALKALIMETRI. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 31-35, feb. 2022. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1090>. Date accessed: 08 aug. 2022.