STUDI METODE PENGOLAHAN MINYAK SAWIT MERAH (Red Palm Oil) DARI CRUDE PALM OIL (CPO)

  • Deni Sumarna Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman

Abstract

CPO (Crude Palm Oil) merupakan produk dari buah sawit dari bagian mesokarp, dimana dalam proses pengolahan lebih lanjut untuk mendapatkan minyak goreng, akan melewati beberapa proses sehingga didapatkan minyak goreng yang berwarna jernih yang sangat berbeda dengan produk asalnya yaitu CPO. Didalam CPO terdapat komponen aktif yang dikenal dengan sebutan komponen minor, yang
peranannya sangat penting bagi kesehatan tubuh meskipun dalam jumlah kecil terutama untuk produk - produk farmasi. Kandungan provitamin A yang tinggi di dalam CPO pada proses pemurnian konvensional untuk mendapatkan minyak goreng (RBDPO) banyak dirusak bahkan sengaja dibuang. Dengan tidak melakukan proses bleaching pada proses pemurnian, akan didapat Minyak sawit merah yang kaya akan beta karoten. Urutan tahapan pada proses pemurnian dapat mempengaruhi kualitas minyak sawit merah yang dihasilkan. Dengan tiga metode yai tu Degumming-Netralisasi-Fraksinasi, Fraksinasi-Degumming-Netralisasi, dan Fraksinasi-Netralisasi diperoleh nilai persentase asam lemak bebas berkisar antara 1.71-2.18 %, kadar air 0.08-0.13 %, peroksida 0.03-0.04 mg O2 /100g, bilangan iod 50.79 – 52.94 g I 2 /100 g.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-26
How to Cite
SUMARNA, Deni. STUDI METODE PENGOLAHAN MINYAK SAWIT MERAH (Red Palm Oil) DARI CRUDE PALM OIL (CPO). PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, [S.l.], apr. 2016. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/139>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
ARTIKEL

Keywords

Minyak Sawit Merah, CPO, Beta Karoten