SIFAT FISIK DAN KIMIA ASAP CAIR (LIQUID SMOKE) DARI CANGKANG DAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ).

  • Firna Novari Jurusan Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri
  • Farida Aryani Jurusan Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri,
  • Syamsul Arifin Jurusan Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Hasil Hutan, Politeknik Pertanian Negeri,

Abstract

Penelit ian ini dilaku kan untuk mengetahui sifat fisik dan kimia asap cair (Liquid Smoke) yang terdapat pada cangkang dan tandan kosong kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq), dari penelitian ini diharapkan akan memberikan sumbangan pemikiran atau informasi terhadap komoditas yang baru berkembang di masyarakat, baik dari cara pembuatan maupun sifat fisik dan kimia yang terdapat didalamnya. Hasil penelit ian diperoleh ko mponen fisika asap cair yaitu rendemen sebanyak 22,02% untuk cangkang kelapa sawit dan 46,7% untuk tandan kosong kelapa sawit, adapun nilai pH untuk asap cair cangkang kelapa sawit adalah 3 dan pH 4
untuk asap cair tandan kosong kelapa sawit. Sedangkan untuk berat jenis asap cair dari cangkang kelapa sawit 1,0605 dan tandan kosong kelapa sawit 1,001. Hasil analisis warna keduanya mempunyai warna yang sama yaitu cokelat kemerahan. Adapun hasil analisis asap cair cangkang kelapa sawit menggunakan GC-M S teridentifikasi sebanyak 24 komponen kimia yang didasarkan atas ‘retention time’ (dalam menit ), ‘peak area’ dan konsentrasi yang berbeda. Secara keseluruhan waktu yang diperlukan untuk mengidentifikasi ko mponen -komponen tersebut adalah 59 menit. Sedangkan untuk analisis asap cair tandan kosong kelapa sawit teridentifikasi sebanyak 46 ko mponen kimia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-27
How to Cite
NOVARI, Firna; ARYANI, Farida; ARIFIN, Syamsul. SIFAT FISIK DAN KIMIA ASAP CAIR (LIQUID SMOKE) DARI CANGKANG DAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ).. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, [S.l.], apr. 2016. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/171>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
ARTIKEL

Keywords

Asap cair, Cangkang & Tandan Kosong Kelapa sawit, GC-MS