UJI SKRINING FITOKIMIA DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK DAUN AKASIA (Acacia auriculiformkis Benth.)

  • Eka Damayanti Setyningrum
  • Rudi Kartika
  • Partomuan Simanjuntak

Abstract

Penelitian mengenai Uji Skrining Fitokimia dan Uji Aktivitas Antioksidan dari Berbagai Ekstrak Daun Akasia (Acacia auriculiformis Benth.) telah dilakukan. Hasil uji skrining fitokimia menunjukkan bahwa senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam ekstrak daun akasia adalah senyawa flavonoid, steroid, fenolik dan saponin. Kemudian, difraksinasi dengan menggunakan pelarut organik dari n-heksan, etil asetat dan air. Hasil uji aktivitas antioksidan dengan Peredaman Radikal Bebas (DPPH) menunjukkan bahwa  ekstrak yang memiliki daya aktivitas antioksidan paling tinggi  adalah ekstrak etanol sebesar 91,75%


 


Kata kunci: Akasia (Acacia auriculiformis Benth.), uji skrining fitokimia, uji antioksidan peredaman radikal bebas (DPPH)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-29
How to Cite
SETYNINGRUM, Eka Damayanti; KARTIKA, Rudi; SIMANJUNTAK, Partomuan. UJI SKRINING FITOKIMIA DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK DAUN AKASIA (Acacia auriculiformkis Benth.). PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 94-96, dec. 2017. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/553>. Date accessed: 24 may 2018.
Section
Artikel