SKRINING FITOKIMIA DAUN SALIARA (Lantana camara L) SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENEKAN HAMA DAN INSIDENSI PENYAKIT PADA TANAMAN HOLTIKULTURA DI KALIMANTAN TIMUR

  • Sri Purwati
  • Sonja V. T. Lumowa
  • Samsurianto Samsurianto

Abstract

Kalimantan Timur memiliki potensi untuk melakukan pengembangan terhadap budidaya tanaman holtikultura, namun selama ini belum dapat diwujudkan. Salah satu hambatan pada pengembangan budidaya tanaman holtikultura adalah serangan serangga hama yang dapat menurunkan produksi tanaman holtikultura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan kimia yang ada pada bahan alam yaitu daun saliara (Lantana camara L) sebagai bahan baku pembuatan pestisisda nabati penekan serangan serangga hama daan insidensi penyakit tanaman holtikultura di Kalimantan Timur. Daun saliara merupakan daun tanaman yang mudah didapatkan di wilayah Kalimantan Timur. Selama ini tanaman tersebut selama dianggap sebagai gulma dan belum banyak dimanfaatkan.


Sampel  pada penelitian adalah daun saliara yang diambil dari berbagai daerah di Kaltim yaitu Kutai Timur, Kutai Barat dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sampel daun selanjutnya dikeringkan dan dibuat serbuk. Masing-masing sampel daun dilarutkan dalam etanol 96% dan dimaserasi selama 24 jam. Kemudian dilakukan uji fitokimia untuk mengetahui adanya alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, steroid, dan triterpenoid.


Hasil uji fitokimia ekstrak daun saliaramenunjukkan adanya kandunganbahan aktif tannin, saponin, steroid. Kandungan bahan aktif yang terdapat pada ekstrak daun tersebut memiliki potensi sebagai pestisida nabati karena dapat mempengaruhi serangga hama dan bakteri penyebab penyakit pada tanaman holtikultura.


 


Kata Kunci : Skrining Fitokimia, Daun Saliara, Pestisida Nabati

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-30
How to Cite
PURWATI, Sri; LUMOWA, Sonja V. T.; SAMSURIANTO, Samsurianto. SKRINING FITOKIMIA DAUN SALIARA (Lantana camara L) SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENEKAN HAMA DAN INSIDENSI PENYAKIT PADA TANAMAN HOLTIKULTURA DI KALIMANTAN TIMUR. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 153-158, dec. 2017. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/565>. Date accessed: 24 may 2018.
Section
Artikel