ANALISIS KANDUNGAN KIMIA DAUN GAMAL (Gliricidiasepium ) DAN KULIT BUAH NANAS (Ananascomosus L ) SEBAGAI BAHAN BAKU PESTISIDA NABATI

  • Sonja V. T. Lumowa
  • Vandalita Maria Magdalena Rambitan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan kimia yang ada pada daun gamal (Gliricidia sepium) dan kulit buah nanas (Ananas comosus L) serta untuk menghasilkan pestisida nabati dari ekstrak daun gamal dan kulit buah nanas dengan kualitas berstandar laboratorium yang dapat diaplikasikan pada tanaman pangan.


Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis fitokimia. Sampel penelitian ini adalah daun gamal dan kulit buah nanas. Pengambilan sampel dilakukan di kabupaten Mahakam Ulu. Selanjutnya dilakukan ekstraksi dan maserasi terhadap daun gamal dan kulit buah nanas. Kemudian dilakukan uji fitokimia pada ekstrak daun gamal dan kulit nanas yangmeliputi analisis alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid.


Berdasarkan hasil uji fitokimia ekstrak daun gamal mengandung steroid, tanin, dan saponin, serta ekstrak kulit buah nanas mengandung flavonoid dan alkaloid. Kandungan bahan aktif yang terdapat pada kedua tanaman tersebut memiliki potensi sebagai pestisida nabati karena mampu menekan serangan serangga hama dan insidensi penyakit.


 


Kata Kunci : uji fitokimia, daun gamal, kulit buah nanas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-30
How to Cite
LUMOWA, Sonja V. T.; RAMBITAN, Vandalita Maria Magdalena. ANALISIS KANDUNGAN KIMIA DAUN GAMAL (Gliricidiasepium ) DAN KULIT BUAH NANAS (Ananascomosus L ) SEBAGAI BAHAN BAKU PESTISIDA NABATI. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 170-175, dec. 2017. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/568>. Date accessed: 26 sep. 2018.
Section
Artikel