PENURUNAN KADAR ION LOGAM TEMBAGA (Cu) DAN COD PADA LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE ELEKTROKOAGULASI

  • Ani Trisnawati
  • Alimuddin Alimuddin
  • Aman Sentosa Panggabean

Abstract

Penelitian tentang Penurunan Kadar Ion Logam Tembaga (Cu) dan COD  Pada Limbah Cair Industri Kelapa Sawit dengan Menggunakan Metode Elektrokoagulasi telah dilakukan. Untuk memperoleh hasil penelitian optimal dilakukan berbagai pengukuran dengan variasi variasi elektroda, optimasi waktu kontak dan kuat tegangan.Pengukuran dilakukan menggunakan instrumen Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS) dan metode titrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penurunan  persen penyisihan ion logam Cu didapatkan hasil dari plat Al-Al pada titik optimum parameter lama waktu kontak didapatkan sebesar 78,487 % dan  pada parameter kuat tegangan 84,607 %. Pada penyisihan kadar COD dengan parameter lama waktu kontak sebesar 79,545 % dan pada parameter kuat tegangan sebesar 82,954%. Sedangkan hasil dari plat Al-Cu pada titik optimum parameter lama waktu kontak didapatkan hasil pada penyisihan ion logam Cu sebesar  91,673 % dan pada parameter kuat tegangan sebesar  89,712 %. Pada penyisihan kadar COD dengan parameter lama waktu kontak  sebesar 85,227% dan parameter kuat tegangan sebesar 82,954%.


 


Kata Kunci :   Elektrokoagulasi, Air Limbah Industri Kelapa Sawit, Tembaga (Cu), Alumunium (Al) dan Chemical Oxygen Demand (COD).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-30
How to Cite
TRISNAWATI, Ani; ALIMUDDIN, Alimuddin; PANGGABEAN, Aman Sentosa. PENURUNAN KADAR ION LOGAM TEMBAGA (Cu) DAN COD PADA LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE ELEKTROKOAGULASI. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 260-264, dec. 2017. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/582>. Date accessed: 18 july 2018.
Section
Artikel