ANALISIS KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM SAMARINDA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS MELALUI METODE EKSPERIMEN

  • Maradonna - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan kemampuan siswa dalam melakukan metode ilmiah dalam memahami, mengembangkan sains serta menemukan ilmu pengetahuan. Penggunaan metode eksperimen dapat membantu siswa, karena tidak hanya menitik beratkan pada pemahaman konsep tetapi juga mengembangkan keterampilan proses sains. Penelitian dengan judul Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Islam Samarinda Kelas XI Dalam Pokok Bahasan Hidrolisis Melalui Metode Eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Islam Samarinda pada Pokok Bahasan Hidrolisis melalui metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Islam kelas XI IPA. Pengumpulan data dilakukan= menggunakanlembar kerja siswa. Menghitung skor dari jawaban lembar kerja Siswa dan mengubah skor dalam bentuk persentase sehingga dapat terlihat keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, dapat diketahui bahwa keterampilan observasi siswa termasuk kategori cukup dengan persentase 60,01% dan keterampilan mengklasifikasikan siswa termasuk kategori baik dengan persentase 70,76%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreini, Dyas. 2012. Pembelajaran IPA. Http://file.Dyasanggreini/Pembelajaran/IPA/Blog/html. diakses pada tanggal 28 November 2012.

Anonim. 2009. Keterampilan Observasi. http://www. Lusa web.id/keterampialan observasi,.diakses pada tanggal 23 Januari 2012

Anonim. 2012. Metode Ekperimen. http://file. Upi. metode ekperimen. diakses pada tanggal 30 Mei 2012

Dahar, Ratna Willis; Liliasari. 1986. Pengelolaan Pengajaran Kimia. Jakarta :Depdikbud UT

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Dwiyanti, Gebi dan Wiwi Siswaningsih. 2005. Keterampilan Proses Sains Siswa SMU Kelas II Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Melalui Metode Praktikum, http://file.upi.edu/Direktori/DI.pdf. makalah diakses pada tanggal 2 Januari 2012

Farida, Ida dkk. 2010. Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Identifikasi Zat Aditif Berbahaya dalam Makanan (Penelitian Kelas Terhadap Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah di Karawang), http://Html.jurnal diakses pada tanggal 2 Januari 2012

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Marnasusanti, Ardian. 2007. Analisis keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 5 Tegal dalam Sub Pokok Materi Kesetimbangan Kimia melalui metode Praktikum, http://digilib.Unnes.Ac.id/gsdl/collect/skripsi/indeks/doc.pdf.skripsi jurusan kimia UNNESE. diakses pada tanggal 8 Desember 2012

Nuh, Usep. 2010. Keterampilan Proses Sains, http://fisikasma . online. Blogspot.com/2010/03. diakses pada tanggal 8 Desember 2012

Pramudjono. 2008. Statistika Dasar. Samarinda : Universitas Mulawarman

Prayugo, Agus. 2009. Keterampilan Proses Sains. http://agusprayugo.wordpress.Com/2009/12/14/Pendekatanketerampilan-proses-sains/. diakses pada tanggal 2 Januari 2012

Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA kelas XI. Jakarta: Erlangga

Santrock, Jhon W. 2010. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta : Prenada Media Group
Published
2013-03-01
How to Cite
-, Maradonna. ANALISIS KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM SAMARINDA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS MELALUI METODE EKSPERIMEN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, [S.l.], mar. 2013. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/88>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
ARTIKEL

Keywords

Keterampilan Proses Sains, Eksperimen; Observasi dan Mengklasifikasi