PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI MIKROKOMPOSIT KARET ALAM SIKLIS-MONTMORILLONIT MENGGUNAKAN ASAM OLEAT DAN DIKUMIL PEROKSIDA SEBAGAI BAHAN PENGIKAT CAT EMULSI

  • Barita Aritonang
  • Tamrin Tamrin

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang modifikasi karet alam siklis (KAS) dengan asam oleat (AO) menggunakan inisiator dikumil peroksida (DCP) sebagai kompatibiliser dengan metode kopolimer cangkok. Penelitian ini bersifat eksperimental dalam skala laboratorium bertujuan untuk menghasilkan campuran yang homogen dan kompatibel paduan KAS dengan AO pasca penambahan bahan pengisi montmorillonit. Karakterisasi dilakukan dengan analisa FT-IR, DSC, XRD dan SEM. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan proses pencangkokkan AO pada rantai molekul KAS menggunakan inisiator DCP telah berhasil dilakukan, hal ini dapat dibuktikan dari analisa FT-IR muncul pita serapan baru yang tidak ada terdapat pada spektrum FT-IR KAS, yaitu pita serapan pada bilangan gelombang 1708 cm-1 menunjukkan adanya gugus karbonil karboksilat C=O berasal dari monomer OA yang sudah tercangkok pada rantai molekul KAS. Analisa KAS-g-AO dengan DSC menunjukkan telah terjadi penurunan suhu transisi gelas (Tg) sebesar 10.0 0C (dari 90.2 0C turun menjadi 80.2 0C). Analisa dengan SEM struktur morfologi mikrokomposit paduan KAS-g-AO pasca penambahan montmorillonit menghasilkan campuran yang homogen dan kompatibel terlihat seluruh bahan pengisi montmorillonit terdistribusi secara merata sehingga tidak ada terlihat rongga-rongga yang berlubang. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah modifikasi KAS dengan AO menggunakan DCP dan bahan pengisi montmorillonit telah berhasil dilakukan menghasilkan campuran yang homogen dan kompatibel.


 


Kata kunci : Karet alam siklis, asam oleat, dikumil peroksida, bentonit

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-29
How to Cite
ARITONANG, Barita; TAMRIN, Tamrin. PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI MIKROKOMPOSIT KARET ALAM SIKLIS-MONTMORILLONIT MENGGUNAKAN ASAM OLEAT DAN DIKUMIL PEROKSIDA SEBAGAI BAHAN PENGIKAT CAT EMULSI. PROSIDING SEMINAR KIMIA, [S.l.], p. 11-18, jan. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/983>. Date accessed: 06 mar. 2021.