TREN PENELITIAN PENDIDIKAN PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID 19

  • Nurfajriani Nurfajriani

Abstract

Pembelajaran daring di rumah merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus corona. Banyak para peneliti telah melakukan penelitian mengenai pembelajaran daring di rumah. Penelitian ini tertarik untuk melakukan analisis tren penelitian pendidikan proses pembelajaran daring selama pandemi covid 19 yang telah dipublikasi dalam jurnal yang terdaftar dalam SINTA dengan tujuan untuk memberikan gambaran dan kecenderungan tren penelitian pendidikan selama pandemi covid-19 dengan menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah artikel yang terpublikasi dalam jurnal terdaftar SINTA masih sangat sedikit berujumlah 39 artikel. Banyak para peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dalam melakukan penelitian dengan berbagai macam desain penelitian yang digunaka seperti desain deskriptif kualitatif, studi kasus, naratif dan studi fenomonologi. Sedangkan peneliti yang menggunakan jenis penelitian kuantitatif memilih desain penelitian berupa desain penelitian deskriptif survey, pra eksperimen, dan quasi eksprimen. Dan ada juga peneliti menggunakan penelitian campuran serta R&D. Teknik pengumpulan data yang paling banyak digunakan peneliti berupa wawancara, angket dan dokumentasi dengan subjek penelitian yang beragam dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Pemilihan jenis penelitian, desain penelitian, subjek penelitian teknik pengumpulan data serta analisis data didasarkan pada permasalahan yang ingin diteliti serta kemungkinannya terlaksana penelitian yang dilakukan ditinjau dari kondisi saat ini yaitu pandemi covid-19.



Kata Kunci : Tren, Pembelajaran daring, pandemi Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-29
How to Cite
NURFAJRIANI, Nurfajriani. TREN PENELITIAN PENDIDIKAN PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID 19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KIMIA, [S.l.], p. 31-37, jan. 2021. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/prosiding/article/view/986>. Date accessed: 28 mar. 2024.