VALIDASI METODE “RAPID TEST” TERHADAP PENENTUAN PARAMETER TOTAL MOISTURE (AR), ASH CONTENT (AR) DAN CALORIFIC VALUE DI PT. KALTIM PRIMA COAL

  • Resy pakasi Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Aman Sentosa Panggabean Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Rahmat Gunawan Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman

Abstract

Telah dilakukan uji “Validasi Metode Rapid Test Terhadap Penentuan Parameter Total Moisture (ar), Calorific Value (ar) dan Ash Content (ar) Di PT. Kaltim Prima Coal”. Penelitian ini bertujuan untuk hasil perbandingan metode rapid test terhadap standar yang telah di tetapkan atau di gunakan oleh PT. Kaltim Prima Coal pada sampel batubara dengan optimalisasi waktu saat preparasi tanpa tahap pengeringan (as received) dengan batubara ukuran 11,2 mm yang nanti akan di validasi untuk mengetahui reliable apa tidak digunakan untuk kegiatan operasional di laboratorium.Penelitian dilakukan dengan cara dua macam pengambilan data yaitu data standar dan data rapid, meliputi parameter Total Moisture, Calorific Value dan Ash Content. Lalu dilakukan optimalisasi waktu saat preparasi yaitu tanpa tahap pengeringan dengan batubara ukuran 11,2 mm. Kemudian dilakukan uji validasi metode uji bias dan uji t.Berdasarkan uji validasi metode diperoleh hasil Total Moisture dan Ash Content pada batubara ukuran 11,2 mm tanpa tahap pengeringan dapat digunakan dengan tetap memperhatikan variance yang ada, sedangkan pada analisa Calorific Value tanpa tahap pengeringan tidak dapat digunakan melihat hasil yang diperoleh jauh dalam range yang ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-29
How to Cite
PAKASI, Resy; PANGGABEAN, Aman Sentosa; GUNAWAN, Rahmat. VALIDASI METODE “RAPID TEST” TERHADAP PENENTUAN PARAMETER TOTAL MOISTURE (AR), ASH CONTENT (AR) DAN CALORIFIC VALUE DI PT. KALTIM PRIMA COAL. JURNAL ATOMIK, [S.l.], v. 1, n. 2, sep. 2016. ISSN 2549-0052. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/JA/article/view/195>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Artikel

Keywords

Batubara, Preparasi, Analisis, Validasi Metode, Rapid Test, Standar , Total Moisture, Calorific Value, Ash Content,Uji Bias, Uji T.