Isolasi dan Identifikasi Senyawa Kimia dari Ekstrak n-heksan Batang Benalu Tanaman Jeruk (Dendrophtoe pentandra (L.) Miq.)

  • rizky maulida amalia hanif
  • Rudi Kartika
  • Partomuan Simanjuntak

Abstract

Telah dilakukan penelitian isolasi dan identifikasi senyawa kimia dari ekstrak n-heksan batang benalu tanaman jeruk (Dendrophtoe pentandra (L.) Miq.). Penelitian ini dilakukan dengan metode maserasi dengan pelarut n-heksan, etil asetat, etanol dan air, uji fitokimia, uji mortalitas larva udang dengan metode BSLT (Brine Shrimp Lethality Test) serta isolasi dengan kromatografi kolom dan identifikasi dengan menggunakan spektrofotometer Fourier Transform Infra Red (FT-IR) dan Kromatografi Gas – Spektrometri Massa (KG-SM). Dari hasil uji mortalitas larva udang didapatkan bahwa ekstrak n-heksan adalah ekstrak yang paling aktif kemudian dilanjutkan pada proses isolasi dan diperoleh isolat n-heksan 3.2 yang memiliki nilai toksisitas (LC50) sebesar 92,197 ppm. Berdasarkan hasil analisis dengan spektrofotometer FT-IR dan KG-SM senyawa kimia yang diduga terdapat dalam ekstrak n-heksan batang benalu tanaman jeruk (Dendrophtoe pentandra (L.) Miq.) adalah senyawa Stigmasterol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-08
How to Cite
HANIF, rizky maulida amalia; KARTIKA, Rudi; SIMANJUNTAK, Partomuan. Isolasi dan Identifikasi Senyawa Kimia dari Ekstrak n-heksan Batang Benalu Tanaman Jeruk (Dendrophtoe pentandra (L.) Miq.). JURNAL KIMIA MULAWARMAN, [S.l.], v. 14, n. 1, nov. 2016. ISSN 2476-9258. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/JKM/article/view/323>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Artikel

Keywords

Benalu Jeruk Dendrophtoe pentandra (L.) Miq.; uji fitokimia; uji mortalitas larva udang (BSLT); Stigmasterol; Tanaman Obat Indonesia

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>