ANALISIS VARIASI NUTRISI AMMONIUM SULFAT DAN UREA DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca. L) DENGAN HIDROLISIS ENZIMATIK DAN FERMENTASI MENGGUNAKAN Sacchromyces Cerevisiae

  • Andi Sahriani Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Bohari Yusuf Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman
  • Rudi Kartika Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman

Abstract

Telah dilakukan penelitian analisis variasi nutrisi ammonium sulfat dan urea dalam pembuatan bioetanol dari kulit pisang kepok (Musa paradisiaca. L) dengan fermentasi menggunakan saccharomyces cerevisiae. Pada  penelitian ini hasil  menunjukkan  konsentrasi  ammonium  sulfat  0,5 %, 1 % dan 1,5 % yang optimum masing-masing konsentrasi menghasilkan kadar etanol yaitu sebesar 7,799 %, 5,195 % dan 3,121 % sedangkan pada konsetrasi urea yang optimum masing-masing konsentrasi menghasilkan kadar etanol yaitu sebesar 21,409 %, 16,809 % dan 22,439 %. Waktu fermentasi optimum pada ammonium sulfat adalah 7 hari sedangkan waktu fermentasi pada urea yang optimum adalah 5 hari. Berdasarkan uji statistik koefisien determinasi R2 dan dilanjutkan dengan koefisien korelasi terdapat hubungan waktu fermentasi dan penambahan nutrisi ammonium sulfat terhadap kadar etanol dan waktu fermentasi dan penambahan nutrisi urea terhadap kadar etanol.

 

Kata Kunci : Bioetanol, Pisang Kepok (Musa paradisiaca. L), Ammonium Sulfat, Urea.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Aryani, E. 2012. Pembuatan Bioetanol dari Jerami Padi. Semarang : FMIPA Universitas Negeri Semarang.
[2] Badan Pusat Statistik. 2006. Statistik Pendidikan 2006. Jakarta: Pusat Statistik.
[3] Fardiaz, S. 1987. Mikrobiologi Pangan I. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[4] Judoamidjojo, R.M. Sa’id, E.G dan Hartoto, L. 1989. Biokonversi. Bogor: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, Pusat Antar Universitas Bioteknologi Institut Pertanian Bogor.
[5] Munadjim. 1983. Teknologi pengolahan pisang . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
[6] Murtadho, D dan Sa’id, E. G. 1988. Penanganan Pemanfaatan Limbah Padat. Jakarta: Sarana Perkasan.
[7] Schlegel, H. G. 1994. Mikrobiologi Umum, 202, Edisi ke-6. Yogyakarta: Gajah Mada University Prees.
Published
2016-09-29
How to Cite
SAHRIANI, Andi; YUSUF, Bohari; KARTIKA, Rudi. ANALISIS VARIASI NUTRISI AMMONIUM SULFAT DAN UREA DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca. L) DENGAN HIDROLISIS ENZIMATIK DAN FERMENTASI MENGGUNAKAN Sacchromyces Cerevisiae. JURNAL ATOMIK, [S.l.], v. 1, n. 2, sep. 2016. ISSN 2549-0052. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/JA/article/view/187>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Artikel

Keywords

Bioetanol, Pisang Kepok (Musa paradisiaca. L), Ammonium Sulfat, Urea.