PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI MEMBRAN SELULOSA ASETAT-PVC DARI ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) UNTUK ADSORPSI LOGAM TEMBAGA (II)

  • Nazaratun Thaiyibah
  • Alimuddin Alimuddin
  • Aman Sentosa Panggabean

Abstract

Penelitian tentang isolasi selulosa dari eceng gondok (Eichhornia crassipes) melalui proses ekstraksi sokletasi, delignifikasi dan bleaching, dilanjutkan dengan sintesis asetilasi dengan memasukkan gugus asetat ke dalam gugus fungsi selulosa hasil isolasi telah dilakukan. Membran selulosa asetat-PVC dibuat dengan mencampurkan selulosa asetat dengan polivinilklorida (PVC) sebagai matriks yang terlebih dahulu dilarutkan dengan pelarut tetrahidrofuran (THF), kemudian ditambahkan dioktilftalat (DOP) sebagai pemlastis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eceng gondok dapat dimanfaatkan menjadi membran selulosa asetat-PVC dengan komposisi optimum pada perbandingan selulosa asetat : PVC : DOP yaitu 6:3:1. Hasil analisis FT-IR menunjukkan adanya interaksi antar ion Cu2+ dengan membran dilihat dari penurunan intensitas serapan sebelum dan sesudah didop yaitu 78.564 % menjadi 66.857 %  pada gugus C=O dari selulosa asetat. Hal ini diperkuat dengan analisis SEM yang menunjukkan morfologi permukaan membran yang porinya diduga terisi oleh ion logam Cu2+.

 

Kata Kunci : Eceng gondok, Membran selulosa asetat-PVC, Tembaga (II)

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-08
How to Cite
THAIYIBAH, Nazaratun; ALIMUDDIN, Alimuddin; PANGGABEAN, Aman Sentosa. PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI MEMBRAN SELULOSA ASETAT-PVC DARI ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) UNTUK ADSORPSI LOGAM TEMBAGA (II). JURNAL KIMIA MULAWARMAN, [S.l.], v. 14, n. 1, nov. 2016. ISSN 2476-9258. Available at: <http://jurnal.kimia.fmipa.unmul.ac.id/index.php/JKM/article/view/341>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Artikel

Keywords

Eceng gondok, Membran selulosa asetat-PVC, Tembaga (II)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>